Selasa, 01 Februari 2011

" Kain Tenun Indonesia "

Motif Sotis
Motif Buna
Kerajinan Kain Tenun Timor
Di sini ada 2 macam motif tenun ikat yaitu motif Insana dan Biboki. Keduanya menunjukkan daerah asal motif tersebut. Motif Insana cenderung berwarna cerah menggunakan benang toko (istilah para penenun untuk benang yang biasa mereka beli di toko), jenisnya ada dua yaitu sotis dan buna
Tenun sotis permulaannnya rata seperti kain pada umumnya sedangkan 
Buna ada bagian yang menonjol seperti dibordir dan kita agak sulit menentukan mana bagian yang luar dan dalam. Tentu saja yang motif buna harganya jauh lebih mahal ketimbang yang sotis. Sedangkan motif Biboki cenderung kalem menggunakan warna2 tanah.
 
 
Motif Lurik





Lurik ATBM Kode TNN-007 adalah hasil karya tenun dari daerah  Surakarta Jawa Tengah. Hasil karya tenun ini memilki berbagai jenis warna yakni Putih, Cokelat, Biru, dan Hijau.
Namun bahan yang digunakan untuk dijadikan hasil karya tenun adalah benang katun primis.
Tenun Lurik ini juga merupakan kain adat asli daerah Surakarta Jawa Tengah, yang sering digunakan warga surakarta untuk pergi ke acara adat. Warna yang diusung kain tenun ini sangat cerah sehingga terlihat sangat cingklong.


Kain Tenun


Kecintaan kami terhadap kain-kain Indonesia membuat kami sepakat untuk menghadirkan sebuah blog khusus membahas tentang beragam kain Indonesia. Mulai dari update terkini hingga penjelasan tentang kain-kain asal negeri tercinta.
Ada tentang tenun seperti kain ikat asal Sumbawa, gorden tenun, gringsing asal Bali, motif tenun NTT, dan banyak lagi. Ada pula informasi tentang batik dengan beragam motifnya.



Kain Tenun Singkat
Negara Asal:Indonesia
Harga:Rp. 1,235,000


Kemas & Pengiriman:113 x 208 cm
Keterangan:Tenun Sintang, teknik tenun ini telah eksis sejak adanya etnis Dayak di Kalimantan. Semua warna di benanng2 tersebut memakai warna dari proses alami seperti warna kulit kayu yang dimasak dstnya.      
 



Kain Tenun Kalimantan


Selama ini yang terkenal hanyalah motif Batik dari pulau Jawa. padahal Kalimantan juga memiliki motof yang tak kalah menarik dan khas,
Bila Kain Batik Kalsel terkenal dengan nama kain Sasirangan, kain batik kalteng terkenal dengan nama Batik Benang Bintik-nya. Motifnya pun variatif dengan warna-warna yang memanjakan selera. Motif yang umum adalah Batang Garing (simbol batang kehidupan bagi masyarakat Dayak), Mandau (senjata khas suku Dayak), Burung Enggang/Tingang (Elang Kalimantan), dan Balanga. Warnanya lebih berani seperti shocking pink, hijau stabilo, merah terang, oranye, dan masih banyak lagi Masing-masing kabupaten (ada 13 kabupaten)memiliki motif dan warna tersendiri Batik kalimantan lebih pada batik tenun yang bernuansa kayu kayuan dan warna gelap.



Tenun Khas Sintang Kalimantan Barat

Negara Asal:Indonesia
Harga:Rp.800.000


Kemas & Pengiriman:plastik
Keterangan:kain tenun sintang telah mendapatkan upakarti dari presiden RI tahun 2009.memiliki corak khas pedalaman kalimantan.1 kain di selesaikan selama 3 bulan.ukuran kain panjang 2.5 meter, lebar 1.5 meter.dari bahan nilon bandung           
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar